21 April 2009

HARI INI HARUS LEBIH BAIK!!!

Dalam kehidupan masyarakat yang beragam cara pandangnya, ada sebagian orang yang menganggap harta sebagai yang paling berharga baginya. Ada juga orang yang menganggap keluarga, penghargaan, pangkat atau jabatan sebagai yang paling berharga dalam hidupnya. Karena hal-hal tersebut dianggap paling berharga, maka orang yang bersangkutan akan berusaha menjaganya dengan segenap daya upaya.

Namun sadarkah kita bahwa ada yang lebih berharga dari itu semua. Sebagai seorang Muslim tentunya iman keislaman adalah yang utama. Berikutnya, yang terpenting namun paling sering diabaikan adalah waktu.

Waktu merupakan amanah yang harus dijaga dengan kesungguhan. Karena waktu akan senantiasa berjalan, tanpa bisa dihentikan, tanpa bisa dikendalikan ataupun dikembalikan. Waktu bagaikan pedang bermata dua. Apabila kita dapat bersahabat dan memanfaatkannya, maka berbagai kebaikan akan kita dapatkan. Namun sebaliknya, apabila kita melewatkan dan menjadikannya sia-sia, maka tidak akan pernah ada buah yang bisa kita petik sebagai hasilnya.

Setiap orang punya jatah waktu yang sama, yakni 24 jam dalam sehari. Diantara mereka, ada orang yang sukses dan ada pula yang gagal. Ada yang pandai dan ada yang bodoh. Ada yang mampu membuat berbagai macam kerajinan, mendirikan dan membangun perusahaan, bahkan memimpin sebuah negara. Namun tidak sedikit orang yang tidak bisa berbuat apa-apa. Ada yang mampu tahfidz Al-Qur’an dan mempersiapkan diri menjadi ahli surga, namun banyak juga yang justru menjadi calon ahli neraka. Aneh, jika mengingat modal waktu yang mereka miliki sama banyaknya. Selain itu, mereka juga berpijak diatas bumi yang sama. Tapi inilah realitas yang ada.

Karena itu, tinggi-rendah derajat seseorang dapat juga dilihat dari bagaimana dia memberdayakan waktu. Individu yang unggul pasti orang yang paling efektif memanfaatkan waktu. Setiap detik, menit, jam dan hari-hari yang dilaluinya diisi dengan etos kerja dan aktualisasi diri.

Ingat bahwa setiap waktu punya beban persoalan sendiri, maka jangan pernah menunda pekerjaan. Mengenai hal ini, Rasulullah saw pernah bersabda, “Carilah lima perkara sebelum datang lima perkara, yaitu manfaatkanlah masa mudamu sebelum datang masa tuamu, gunakan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, gunakan masa kayamu sebelum datang masa miskinmu, gunakan masa hidup sebelum datang kematianmu, gunakan masa senggangmu sebelum datang masa sempitmu” (al-Hadits).

Sahabat, hidup hanya sekali, dan bisa jadi hanya sebentar karena kita belum tentu berumur panjang. Dalam era globalisasi di segala bidang seperti sekarang ini, kebutuhan kita semakin hari semakin meningkat. Tentunya, semua tidak akan terpenuhi kecuali kita mampu memanfaatkan setiap detik yang kita miliki demi memacu peningkatan kualitas dan kompetensi diri. Oleh karenanya, satu-satunya pilihan dalam hidup ini adalah hari ini harus lebih baik dari kemarin!

No comments: