21 January 2009

Panduan Pendaftaran Online SIMAK-UI

Panduan Pendaftaran Online SIMAK-UI

1. Setelah komputer terkoneksi internet, masuk ke alamat web Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia pada situs :http://penerimaan.ui.ac.id

2. Bagi yang belum memiliki account, maka harus membuat account terlebih dahulu dengan cara:

a. Pilih dan klik kalimat "buat account"

b. Isi semua data yang diminta pada formulir tersebut

c. Khusus untuk pengisian username dan password, tidak boleh ada spasi antar kata

d. Jangan sampai lupa pada account (username dan password) yang sudah anda buat, karena account ini akan digunakan untuk beberapa kali proses pendaftaran. Bila perlu, mohon dicatat pada kertas

3. Setelah anda memiliki account (username dan password) sendiri, silahkan LOGIN dengan mengetikan username dan password tersebut

4. Pilih menu : Buat Pendaftaran

5. Pilih Jenjang Pendidikan dengan mengklik kata-kata : daftar

6. Ikuti dan isi semua data yang diminta

7. Apabila sekolah anda belum ada pada kolom PILIH SMTA, maka cukup dipilih kata-kata: Lain-Lain. Selanjutnya isikan nama sekolah pada kolom berikutnya.

8. Khusus untuk siswa kelas XII (yang masih berstatus siswa dan akan mengikuti ujian nasional tahun ini ) maka tidak perlu mengisi data : Nomor Ijazah, Tanggal Lulus, Nilai UAN dan Jumlah Mata Pelajaran

9. Pada Menu : Lihat Pendaftaran,anda dapat melakukan :

a. Melihat isi pendaftaran yang sudah dibuat

b. Melakukan perubahan Pilihan Program Pendidikan (hanya dapat dilakukan sebelum melakukan pembayaran Biaya Seleksi)

c. Melakukan perubahan data isian pendaftaran

d. Membatalkan pendaftaran

e. Mengunduh (download) dan mencetak Formulir Pendaftaran

10. Menu: Upload Foto, digunakan untuk memasukkan foto. Foto yang dimasukkan adalah foto digital dengan syarat :

a. Foto resmi (bagi masih berstatus siswa, disarankan berpakaian sekolah, yang sudah tamat berpakaian rapi)

b. Ukuran : minimal 1 megapixel atau 480 x 720 pixel

c. Apabila dinyatakan lulus dan menjadi mahasiswa Universitas Indonesia, maka foto ini akan digunakan sebagai Foto Kartu Mahasiswa

  • Semua proses diatas dilakukan paling lambat 19 Februari 2009

11. Lakukan Pembayaran Biaya Seleksi pada ATM atau Bank yang sudah ditetapkan. Jangan lupa membawa Nomor Pendaftaran yang tertera pada Formulir Pendaftaran (terdapat pada bagian Kanan Atas)

12. Proses Pembayaran dilakukan paling lambat 21 Februari 2009

13. Lakukan pencetakan Kartu Peserta Ujian dengan mengklik Kartu Ujian pada menu Lihat Pendaftaran.

14. Proses Pencetakan kartu Ujian dilakukan paling lambat 22 Februari 2009






2 comments:

Anonymous said...

assalamualaikum , ka saya username dan passwordnya disimpan di memory card , memorynya ke format semua , cuman inget passwordnya aja , minta bantuannya ka ,wasalam.

Unknown said...

Cara ngisi nilai uan di simak gimana ya