08 December 2008

Belum terlambat untuk Berkurban!!!

Kurban, sesuai makna harfiahnya berasal dari kata qaruba-yaqrubu-qurbanan yang berarti “dekat”, yakni merupakan upaya taqarrub (pendekatan diri) seorang hamba kepada Sang Pencipta, Allah Azza wa Jalla. Menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkadah bagi yang mampu. Mampu disini bukanlah bergelimang harta, melainkan memiliki cukup rizki untuk melaksanakan hal tersebut. Because there is no life without sacrifice, dan disinilah Allah menguji keteguhan hamba-Nya.

Allah mensyari’atkan ibadah kurban sebagaimana firman-Nya,

“Sesungguhnya, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakan shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)” (al-Kautsar[108]: 1-3)

Sedangkan tentang keutamaannya, sebuah riwayat dari Aisyah r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda,

“Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Kurban yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada Hari Kiamat akan datang beserta tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berkurban. (HR. Tirmidzi)

Penyembelihan hewan kurban itu sendiri dapat dilaksanakan kapanpun di hari Tasyriq, baik malam maupun siang. Tulisan sederhana ini mencoba mengingatkan kepada siapapun yang pada Hari Raya Idul Adha sampai dengan tiga hari tasyriq diamanahi rizki yang cukup untuk melaksanakan ibadah tersebut, maka segeralah laksanakan perintah Allah. Belum terlambat! Insya Allah berkahnya akan menyertai kita.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H, Semoga Allah Azza wa Jalla senantiasa meringankan kita dalam menjalankan perintah-Nya.

No comments: